Cara Merubah Defrost PCB Ke Defrost Manual

Tip Memperbaiki Evaporator Kulkas
Perbedaan AC Standart, AC low watt, AC Inverter dan AC Hybrid
Kerusakan kulkas lemari es 2 pintu karena defrost PCB rusak
Defrost PCB berfungsi sama seperti defrost manual yang menggunakan defrost timer. Pada lemari es dua pintu atau lebih memang ada yang menggunakan modul PCB untuk proses defrostnya. sebenarnya fungsinya sama dengan defrost manual yang menggunakan defrost timer, bedanya pada defrost modul pcb diatur oleh sebuah IC dalam rangkaian elektronika.
Memang pada jaman modern ini cara defrost manual sudah digantikan dengan menggunakan modul PCB. Sebelum menggunakan defrost dengan heater pemanas, produsen lemari es dua pintu menggunakan cara defrost dengan memanfaatkan panas refrigerant untuk melumerkan es pada evaporator. tetapi cara tersebut kini sudah digantikan dengan penggunaan heater pemanas untuk melumerkan bunga es yang menebal setelah lemari es beroperasi selama 7 jam. Untuk merubah modul defrost PCB ke defrost manual, anda harus menyiapkan :
– Defrost Timer
– Defrost Thermostat
– Fuse
Atau anda bisa memakai defrost thermostat dan fuse yang lama bila tegangan yang digunakan adalah tegangan ac volt.
Caranya adalah
lepaskan kabel yang menuju kompresor pada modul pcb lalu anda pasangkan pada terminal no 4 pada defrost timer. Lalu anda lepaskan juga kabel yang menuju heater pada modul pcb dan anda pasangkan pada terminal no 2 pada defrost timer.
Sekarang anda buka kap penutup evaporator pada pintu atas lemari es, lalu anda cari ujung kabel dari terminal no 2 (kabel yang menuju ke heater pemanas).
Setelah anda temukan, kabel harus menyambung pada satu kabel heater pemanas lalu kabel satunya yang keluar dari heater pemanas anda putuskan untuk disambungkan pada fuse. (bungkus ujung kabel satunya yang anda putuskan tadi dengan solasi) lalu ujung dari kabel fuse anda sambungkan dengan kabel defrost thermostat dan kabel defrost thermostat yang satunya anda hubungkan dengan line listrik.
Sambungan kabel antara fuse dan defrost thermostat anda sambungkan satu buah kabel untuk ditujukan ke terminal no 1 pada defrost timer dan terminal no 3 nya anda hubungkan dengan line listrik. Terkadang modul pcb juga digunakan untuk lampu indikator pada lemari es. Jadi bila lampu indikator masih berfungsi, anda tidak perlu membuang module pcb tersebut.

Incoming search terms:

Comments are closed.