optimalkan AC Mobil anda

Mendeteksi AC Mobil Tidak Dingin
Inovasi Terbaru Panasonic
Cara Mengoptimalkan AC Mobil

Kenyamanan di dalam kabin menjadi hal penting khususnya untuk pengemudi agar tetap fokus selama perjalanan. Meski begitu penggunaan AC berlebihan justru bisa memboroskan BBM mobil Anda. Memang banyak faktor yang menentukan konsumsi BBM suatu mobil, tetapi dengan mengatur pemakaian AC bisa menekan pengeluaran Anda untuk membeli BBM.

Salah satu fitur sederhana yang bisa dimanfaatkan ialah mengatur level suhu yang diinginkan. Ketika pertama kali masuk ke dalam mobil yang di parkir di bawah terik matahari, tidak ada salahnya menyetelnya pada suhu paling minim alias paling dingin. Namun bila sudah merasa nyaman, ada baiknya menaikkan suhu agar kinerja mesin tidak terlalu berat.

Akan lebih baik bila mobil Anda sudah menggunakan fitur canggih climate control. Fitur ini bisa dioptimalkan karena pengaturan suhu lebih presisi. Terlebih saat cuaca di luar hujan, rasanya tidak perlu mengatur suhu dibawah 20 derajat Celcius. Cukup diangka 21 sampai 23 derajat Celcius sudah membuat kabin terasa nyaman.

Tidak hanya pengaturan suhu, besaran angin yang dihempaskan pada kisi-kisi AC juga mempunyai pengaruh. Ketika Anda menyetel AC pada dengan putaran blower tertinggi akan membuat mesin lebih boros. Bila mobil Anda usai terjemur di bawah panasnya matahari, mengatur putaran blower paling tinggi bukanlah solusi. Buka kaca mobil Anda agar hawa panas dalam kabin keluar sembari menyalakan AC pada kondisi normal.

Bagaimana dengan mobil yang mempunyai AC double blower? Umumnya fitur ini bisa ditemui di mobil-mobil besar seperti MPV dan SUV. Ada yang bisa diatur perlu dinyalakan atau tidak blower di belakang. Bila tidak ada penumpang, pastikan dalam kondisi mati.

Arah angin yang bisa diatur ke tubuh dan kolong kaki juga menjadi jurus ampuh agar selama berkendara tetap nyaman. Terlebih saat perjalanan jauh, kaki pengemudi yang harus bergerak menginjak pedal gas, rem dan kopling bisa membuat kaki cepat lelah. Dengan mengaktifkan arah angin ke kaki bisa membuat rileks.

Sebuah trik yang jarang dilakukan ialah mengatur sirkulasi udara di dalam kabin. Saat ini rata-rata mobil baik mobil murah sampai mahal ada pengaturan sirkulasi udara apakah ingin berputar di dalam kabin saja atau mengambil dari udara luar.

Saat berada di jalan yang banyak polusi, tentu menaruh posisi sirkulasi udara hanya di dalam kabin jadi keputusan yang tepat. Tetapi ketika Anda berada di lingkungan yang bersih dan sejuk, ada baiknya mengambil dari udara luar.

Ini bisa menjadi trik untuk keluarga Anda yang sering membuka jendela mobil ingin merasakan udara luar. Padahal membuka jendela mobil ketika mobil berjalan justru membuat mobil lebih boros BBM.

Dual Zone

Fitur canggih dual zone juga tidak kalah penting dioptimalkan ketika berkendara. Meskipun fitur ini biasanya dipakai pada mobil-mobil mewah, tetapi terkadang pemiliknya tidak memakainya secara tepat.

Dengan fitur dual zone Anda bisa mengatur temperatur bahkan besaran putaran blower juga bisa disetel. Bila sedang mengemudi sendiri, usahakan AC untuk penumpang dibuat pada suhu antara 25-28 derajat celcius dan putaran angin paling rendah.

Melalui pengaturan ini, mesin mobil akan tidak dipaksa bekerja lebih berat seperti mobil yang masih menggunakan AC konvensional. Efeknya konsumsi BBM menjadi lebih irit.

Terlebih bila mobil Anda sudah memiliki fitur four zone yang artinya pada baris belakang juga bisa diatur temperatur serta besaran blowernya. Jangan sampai keempat zona yang bisa diatur ini justru membuat mobil lebih boros BBM. Cek apakah suhu yang terpasang serta blowernya sudah cukup untuk membuat tubuh nyaman.

Ciri dual zone adalah sistem pengaturan berupa tombol di dasbor. Beberapa ada yang sudah menerapkan digital Sedangkan four zone umumnya tampilan sudah digital pada kontrol temperatur dan putaran blower.

Fitur Dual Zone bisa dioptimalkan agar BBM tidak terlalu boros  

Fungsi Lain AC

Fungsi utama AC memang mengatur temperatur dalam kabin. Meski begitu ada beberapa fungsi yang bisa dimaksimalkan seperti menghilangkan embun ketika musim hujan. Embun yang muncul pada kaca mobil terjadi karena perbedaan suhu di luar dengan dalam mobil.

Ketika hujan, pasang AC pada suhu paling minim atau dingin. Ini untuk menyamakan suhu di kabin dengan di luar. Namun bila Anda tidak tahan dengan suhu yang terlalu dingin, bisa gunakan fitur sirkulasi dengan mengambil udara dari luar.

Jangan dilupakan juga bahwa AC mempunyai fungsi sebagai penghangat. Ketika musim hujan dan di luar terasa dingin, Anda bisa manfaatkan fitur ini agar suhu tubuh tetap nyaman. Walaupun risikonya kaca mobil bisa berembun. Tetapi bila ada fitur defogger di mobil Anda bisa dimanfaatkan.

Comments are closed.